Crypto Mining Afiliasi Cina Dilarang Punya Properti di AS



Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengeluarkan perintah memblokir perusahaan crypto mining yang mayoritas dimiliki warga negara Cina untuk memiliki properti di dekat Pangkalan Angkatan Udara AS dengan alasan kekhawatiran risiko keamanan nasional.

Dalam pernyataan dari Departemen Keuangan AS pada hari Senin (13/5), pemerintah AS selanjutnya mewajibkan divestasi properti yang terletak di Wyoming, yang berjarak 1,6 km dari pangkalan rudal Angkatan Udara AS dan elemen kunci sistem senjata nuklir AS.

Adapun entitas yang dimaksud dalam persoalan ini adalah MineOne Partners Limited, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh warga negara Cina. 

Perusahaan crypto mining ini mengakuisisi properti yang dimaksud pada Juni 2022, dan membuat perubahan untuk memberi ruang bagi operasi crypto mining.

Melindungi Keamanan Nasional AS

Dalam perkembangannya, Komite Penanaman Modal Asing AS (CFIUS) meninjau transaksi tersebut dan menemukan risiko keamanan nasional, termasuk kekhawatiran pengintaian.

Janet Yellen, selaku Menteri Keuangan AS, mengatakan bahwa perintah divestasi ini menggarisbawahi komitmen teguh Presiden Biden untuk melindungi keamanan nasional AS.

“Ini juga menyoroti peran penting penjaga gebang yang dilakukan CFIUS untuk memastikan bahwa investasi asing tidak merusak keamanan nasional kita, khususnya yang berkaitan dengan transaksi yang menimbulkan risiko terhadap instalasi militer AS yang sensitif serta yang melibatkan peralatan dan teknologi khusus,” kata Janet Yellen.

Para pejabat federal dan negara bagian AS telah memperingatkan mengenai apa yang mereka nilai sebagai pola perusahaan-perusahaan Cina yang membeli tanah di dekat instalasi militer AS. Anggota parlemen AS di banyak negara bagian telah memperkenalkan rancangan undang-undang (RUU) yang akan melarang bisnis yang terkait dengan Cina dan warga negara Cina membeli tanah di dekat pangkalan militer AS.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter RedaksiNusa Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *