Vanguard Punya CEO Baru yang Dukung Adopsi Bitcoin



Vanguard, perusahaan manajemen aset yang mengelola US$8,6 triliun, kini memiliki CEO baru yang ramah terhadap adopsi Bitcoin (BTC).

Salim Ramji ditunjuk sebagai CEO Vanguard yang baru dan efektif sejak 8 Juli 2024. Dia menggantikan posisi yang ditinggalkan Tim Buckley, yang akan pensiun dan mundur sebagai Ketua dan CEO Vanguard.

CEO Vanguard yang baru ini adalah eksekutif senior di bidang jasa keuangan dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang investasi, pasar modal, dan manajemen kekayaan, termasuk 1 dekade sebagai pemimpin senior di BlackRock.

Saat di BlackRock, Salim Ramji terakhir menjabat sebagai Global Head of iShares & Index Investing di BlackRock, yang terkait dengan produk exchange-traded fund (ETF).

Sebagai informasi, ETF Bitcoin spot disetujui oleh Komisi sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat (AS) pada 10 Januari dan mulai diperdagangkan pada 11 Januari awal tahun ini. Menariknya pada 12 Januari lalu, Bloomberg melaporkan bahwa Salim Ramji akan meninggalkan BlackRock untuk mengejar peran senior di tempat lain.

Dalam pernyataan terbarunya, Salim Ramji menerangkan bahwa lanskap investor saat ini sedang berubah. Hal ini dinilai memberikan peluang bagi Vanguard untuk memajukan misinya dalam memberikan peluang terbaik bagi masyarakat dalam meraih kesuksesan investasi, yang lebih relevan saat ini dibanding masa sebelumnya.

“Fokus saya adalah memobilisasi Vanguard untuk memenuhi momen tersebut, sambil tetap setia pada tujuan inti, tetap menjadi perusahaan terpercaya yang membela semua investor,” kata CEO Vanguard yang baru itu.

Potensi Vanguard Terima ETF Bitcoin Spot

Eric Balchunas, analis ETF senior di Bloomberg Intelligence, mengatakan bahwa Salim Ramji mengawasi pengarsipan untuk penerbitan ETF Bitcoin spot dari BlackRock (IBIT).

“Dia telah dikutip tentang minatnya pada aset digital, meskipun saya tidak yakin itu akan mengubah pendirian Vanguard. Namun, dia akan menjadi CEO. Siapa tahu. Pintu lebih terbuka sekarang [bagi Vanguard untuk mengadopsi ETF Bitcoin spot,” kata Eric Balchunas.

Pada Juli 2023, Bloomberg TV membagikan cuplikan video Salim Ramji yang membahas tentang pengajuan ETF Bitcoin spot dari BlackRock.

Sementara itu, James Seyffart, yang juga analis ETF di Bloomberg Intelligence, mengaku bahwa dia, “Masih berpikir ini tidak mungkin berarti Vanguard meluncurkan ETF Bitcoin spot (setidaknya dalam jangka pendek). Namun, menurut saya, Salim Ramji dapat membalikkan pendirian Vanguard yang tidak mengizinkan kliennya membeli ETF Bitcoin spot di platform pialang mereka.”

Sementara itu, Nate Geraci, Presiden di ETF Store, menyebut akan menarik untuk melihat apakah Salim Ramji mencoba membantu para investor Vanguard mendapatkan akses ke kripto seperti yang dia yakini akan dilakukan untuk para investor BlackRock.

Bagaimana pendapat Anda tentang topik ini? Yuk, sampaikan pendapat Anda di grup Telegram kami. Jangan lupa follow akun Instagram dan Twitter RedaksiNusa Indonesia, agar Anda tetap update dengan informasi terkini seputar dunia kripto.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *