5 Bahaya Hamil di Usia 43 Tahun Seperti Syahrini, Berisiko Tinggi Alami Diabetes



loading…

Syahrini dikabarkan tengah hamil anak pertama di usia 43 tahun. Kabar bahagia ini pertama kali disampaikan oleh kerabat sekaligus pelatih boxing Reino Barack. Foto/Instagram Syahrini

JAKARTA Syahrini dikabarkan tengah hamil anak pertama di usia 43 tahun. Kabar bahagia ini pertama kali disampaikan oleh kerabat sekaligus pelatih boxing Reino Barack, Andre Talabessy yang mengaku sang pengusaha telah mengonfirmasi hal ini kepadanya secara langsung.

Hamil di usia 43 tahun seperti Syahrini bisa menyebabkan bahaya untuk kesehatan. Di mana kondisi ini dapat meningkatkan risiko kesehatan bagi ibu dan calon anak yang dikandung. Orang hamil yang berusia di atas 40 tahun lebih mungkin menderita diabetes gestasional, preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama kehamilan, dan keguguran.

Seorang bayi juga berisiko mengalami berat badan lahir tinggi, kelainan genetik, dan kelahiran prematur. Karena itu, usia 40 tahun dianggap sebagai usia kehamilan yang berisiko tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa perawatan prenatal dapat mengurangi beberapa risiko ini.

Bahaya Hamil di Usia 43 Tahun Seperti Syahrini

Hamil di usia 40 tahun bisa jadi sulit lantaran persediaan sel telur yang terbatas, yang berkurang secara signifikan setelah usia 35 tahun. Berikut deretan bahaya hamil di usia 43 tahun seperti Syahrini dilansir dari Health, Rabu (15/5/2024).

1. Operasi Caesar

Hamil di atas 40 tahun lebih mungkin memerlukan operasi caesar, dibandingkan orang lain. Operasi caesar adalah operasi besar yang seringkali memiliki waktu pemulihan lebih lambat dibandingkan persalinan normal. Meski jarang terjadi, operasi caesar dapat meningkatkan risiko kehilangan darah, pembekuan darah, dan infeksi.

Faktor risiko tambahan memengaruhi risiko komplikasi persalinan di usia 40-an. Orang yang berusia di atas 40 tahun cenderung tidak bisa hamil secara alami, sehingga banyak yang menggunakan IVF untuk hamil. IVF dapat menyebabkan kelahiran ganda. Risiko operasi caesar meningkat secara signifikan pada orang berusia di atas 43 tahun yang menggunakan IVF dan mengandung anak kembar.

2. Kelainan Genetik

Telur Anda menjadi lebih rentan terhadap kelainan kromosom seiring bertambahnya usia. Anak-anak yang lahir dari orang tua berusia di atas 40 tahun, misalnya, memiliki peningkatan risiko terkena down sydrom.

Down syndrom adalah kelainan genetik paling umum yang dikaitkan dengan orang tua yang lebih tua. Peluang memiliki anak dengan kondisi ini adalah 1 dari 1.480 pada usia 20-an. Risiko tersebut meningkat menjadi 1 dari 85 pada usia 40 dan menjadi 1 dari 35 setelah usia 45.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *