16 SMK berlomba konversi motor bensin ke listrik di sirkuit Sentul


Jakarta (Redaksi Nusa) – PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar lomba konversi motor bermesin pembakaran internal alias bensin ke listrik dalam ajang PLN EV Conversion Race 2024 di Sentul International Karting Circuit, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (22/9).

Kegiatan lomba konversi ini dikhususkan untuk para siswa SMK. Mereka berpacu mengkonversi motor bensin baik bebek maupun matik menjadi motor listrik dalam batas waktu 6 jam.

“Dalam kegiatan konversi ini peserta konversi satu tim tiga orang, dibatasi waktu 6 jam, setelah itu kita nilai,” ujar Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE) Kementerian ESDM Harris Yahya.

Baca juga: Motor konversi listrik adu balap di sirkuit Sentul

Total 18 motor konversi dan 16 SMK dari beberapa daerah Jawa Barat, Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Bandung ikut serta dalam ajang ini.

Harris berharap ajang ini dapat berlangsung secara berkesinambungan dan mampu meningkatkan kemampuan para siswa kejuruan terkait konversi motor listrik.

“Bahkan (diharapkan) kegiatan ini bisa menjadi ajang yang bisa dilakukan terus-menerus dan bisa meningkatkan kemampuan teman-teman SMK dalam konversi motor listrik,” jelasnya.

Baca juga: ESDM luncurkan program konversi 1.000 motor gratis untuk kurangi emisi

Baterai yang hendak dipasangkan pada motor bensin yang akan dikonversi ke listrik dalam ajang PLN EV Conversion Race 2024 di Sentul International Karting Circuit, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/9/2024). (Redaksi Nusa/Pamela Sakina)

Baca juga: PLN beri pelatihan konversi motor listrik di SMK Lampung

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi menyebut lomba konversi motor listrik ini diharapkan mampu memicu semakin banyak bengkel di Tanah Air untuk mampu memberikan layanan konversi motor listrik, sehingga penggunaan motor ramah lingkungan tersebut semakin meluas di masyarakat.

“Kami ingin menggairahkan bengkel-bengkel yang ada di seluruh tanah air, mudah-mudahan ini menjadi pemicu peserta dari SMK, maupun bengkel, untuk bisa meningkatkan skill melakukan konversi kendaraan bermotor roda dua ini secara tepat akurat dan cepat,” kata dia.

Selain lomba konversi motor, PLN EV Conversion Race 2024 juga menggelar balap sepeda motor listrik yang akan berlangsung sebanyak dua putaran yaitu pada Minggu 22 September dan 13 Oktober 2024.

Baca juga: PLN dan Kementerian ESDM gelar pelatihan konversi motor listrik di SMK

Balap sepeda motor listrik konversi ini adalah yang pertama di dunia dan telah mengadopsi peraturan teknis balap sepeda motor listrik sesuai dengan regulasi Ikatan Motor Indonesia (IMI).

PLN EV Conversion Race 2024 terdiri atas dua kelas, EV Race, yakni balap 12 putaran dengan sepeda motor listrik 2kW, dan kategori EV Endurance yang menguji ketahanan motor konversi listrik 2kW tersebut selama 2 jam di sirkuit balap.

Para peserta balap PLN EV Conversion Race 2024 akan memperebutkan Piala Menteri ESDM dengan total hadiah mencapai Rp222 juta.

Baca juga: Motor BBM bisa dikonversi ke listrik, begini prosedurnya

Pewarta:
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © Redaksi Nusa 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *