Paus Bitcoin yang Tidak Aktif Memindahkan 275 BTC dalam 5 Hari: Dampak Harga


Beberapa alamat Bitcoin (BTC) dengan jumlah besar baru-baru ini aktif kembali setelah tidak bergerak selama bertahun-tahun. Lonjakan tiba-tiba ini menimbulkan kecurigaan, terutama setelah harga Bitcoin baru-baru ini meningkat.

Dikenal karena gerakan strategis mereka, pemegang jangka panjang ini, yang juga dikenal sebagai crypto whale Bitcoin, bisa mempengaruhi arah jangka pendek koin tersebut. Dalam analisis ini, RedaksiNusa menjelaskan apa arti gerakan ini bagi investor yang mengharapkan kenaikan besar untuk BTC.

Dompet Bitcoin Lama Bergerak

Pada hari Senin, 24 September, perusahaan blockchain Arkham Intelligence melaporkan bahwa sebuah crypto whale Bitcoin berusia 13 tahun mentransfer 20 BTC, bernilai US$1,27 juta, ke Bitstamp. Menurut temuan kami, whale tersebut memiliki 50 BTC dan terakhir melakukan transaksi empat tahun yang lalu.

Pergerakan koin ke bursa Bitstamp mungkin menimbulkan kekhawatiran. Ini karena sebagian besar arus masuk ke bursa dari dompet yang sebelumnya tidak aktif menunjukkan bahwa investor bersedia menjual. Tergantung pada volume, transaksi seperti ini dapat menyebabkan tekanan turun pada harga.

Pergerakan Bitcoin Whale yang Tidak Aktif. Sumber: Arkham

Namun, whale ini bukan satu-satunya yang baru-baru ini bangun. Pada hari yang sama, crypto whale Bitcoin lainnya, yang telah memegang 1,215 BTC sejak 2009, memindahkan 5 koin ke Kraken.

Selain kedua ini, alamat tidak aktif lainnya dari tahun yang sama telah bangun dan mentransfer 250 BTC dari simpanan di dompet pada 20 September.

Transaksi ini membawa total jumlah koin yang dipindahkan oleh dompet yang tidak aktif menjadi 275 BTC dalam lima hari. Dengan harga Bitcoin yang diperdagangkan pada US$63.725, ini berarti nilai yang dipindahkan adalah sekitar US$17,52 juta.

Baca lebih lanjut: Siapa Pemilik Bitcoin Terbanyak di 2024?

Transaksi Bitcoin Whale yang Tidak Aktif
Transaksi Bitcoin Whale yang Tidak Aktif. Sumber: Arkham

Meskipun ada transaksi, Rasio Netflow Pemegang Besar ke Netflow Bursa menunjukkan penurunan yang signifikan selama tujuh hari terakhir. Netflow ini adalah perbedaan antara jumlah koin yang dikirim ke bursa oleh crypto whale Bitcoin dikurangi yang ditarik.

Nilai tinggi dari metrik ini meramalkan penurunan harga karena tekanan jual meningkat. Namun, rasio negatif, seperti saat ini, bisa dilihat sebagai periode akumulasi dan bisa mendahului kenaikan BTC yang signifikan. Oleh karena itu, saat ini, BTC mungkin tidak mengalami tekanan turun yang signifikan.

Transaksi Bitcoin whales
Rasio Netflow Pemegang Besar ke Netflow Bursa Bitcoin. Sumber: IntoTheBlock

Prediksi Harga BTC: US$68.000 Selanjutnya

Pada grafik harian, harga Bitcoin telah menembus saluran menurun yang terbentuk antara Maret dan pertengahan September. Seperti yang terlihat di bawah ini, dukungan pada US$54.008 sangat penting dalam membantu BTC menghindari penurunan di bawah US$50.000. Selain itu, dukungan pada US$60.296 memastikan bahwa terobosan itu berhasil.

Lebih lanjut, Moving Average Convergence Divergence (MACD) adalah positif. Sebagai osilator teknis yang digunakan untuk mengidentifikasi tren, pembacaan MACD yang positif menunjukkan bahwa momentum seputar Bitcoin adalah bullish.

Baca lebih lanjut: Cara Mendapatkan Pembayaran dalam Bitcoin (BTC): Semua yang Perlu Anda Ketahui

Analisis Harga Bitcoin.
Analisis Harga Harian Bitcoin. Sumber: TradingView

Jika ini tetap sama, harga Bitcoin bisa bergerak ke US$68.225. Di sisi lain, BTC mungkin gagal mencapai target ini jika crypto whale Bitcoin mulai mendistribusikan koin mereka dalam jumlah besar. Jika itu terjadi, harga Bitcoin bisa turun ke US$60.296.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli RedaksiNusa yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *