Perusahaan teknologi tinggi China jajaki potensi bisnis di Indonesia


Nanning (Redaksi Nusa) – Dalam ajang China-ASEAN Expo ke-21 yang sedang digelar di Nanning, ibu kota Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, beberapa mesin jenis baru tampak dipamerkan di booth Guangxi MESDA Group.

Perusahaan tersebut, yang berkecimpung di bidang manufaktur peralatan mutakhir untuk penambangan dan pendaurulangan limbah solid, berpartisipasi untuk kali ke-13 dalam pameran bergengsi itu, serta bertekad untuk menjajaki berbagai peluang bisnis baru di Indonesia dan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Rigo Yang, selaku direktur departemen urusan pelanggan utama Guangxi MESDA International Trade Co., Ltd., yang merupakan anak perusahaan MESDA Group, baru-baru ini pulang dari Indonesia setelah mengikuti sebuah pameran pertambangan.

Rigo Yang mengatakan, kunjungan ke Indonesia membuatnya lebih menyadari bahwa Indonesia merupakan negara kaya sumber daya tambang serta masih membutuhkan banyak peralatan industri yang lebih canggih dan efisien.

“Setelah berkunjung ke Indonesia, kami lebih memahami kebutuhan pelanggan di sana, dan hal itu penting untuk mendorong perusahaan kami meneliti, merancang, serta memproduksi peralatan yang lebih cocok,” ujar Yang.

Dia menambahkan bahwa pihaknya memandang pasar Indonesia sebagai salah satu pasar terpenting di Asia Tenggara dan menjanjikan upaya yang lebih besar dari timnya untuk pengembangan bisnis di Indonesia.

Sementara itu, booth Wuling menjadi salah satu booth paling ramai dalam ajang China-ASEAN Expo ke-21.

Model mobil konsep “Dong Meng Zhi Guang”, yang secara harfiah berarti “Sinar ASEAN”, diluncurkan di pameran ini. Zhou Xing, yang menjabat sebagai manajer umum bidang branding dan publisitas SGMW, mengatakan bahwa nama konsep tersebut mencerminkan tekad Wuling untuk ikut memajukan transformasi industri kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) di negara-negara ASEAN serta arah pembangunan merek tersebut.

Di stan yang sama, model Wuling Air EV, yang melayani G20 Bali dan perhelatan-perhelatan besar lain di Indonesia, juga memukau banyak pengunjung. Mobil ini menjadi lambang keberhasilan luar biasa Wuling di Indonesia.

 

   

Menurut Wuling, pasar Indonesia akan terus berperan vital bagi perusahaan tersebut dari tahap pengembangan “membangun pabrik di luar negeri” hingga “memindahkan rantai ke luar negeri”, yang akan turut berkontribusi bagi transformasi energi hijau di Indonesia

Selain sejumlah “kawan lama” Indonesia, seperti Wuling, beberapa “wajah baru” juga membidik untuk membuka bisnis di Indonesia. Salah satunya adalah Guangxi Poteenvation Co., Ltd. yang pertama kali mengikuti China-ASEAN Expo.

Huang Zongtian, CEO perusahaan tersebut, mengatakan bahwa dalam pameran ini, perusahaannya memamerkan baterai cerdas serta sistem penyimpanan energi rumah tangga dan bisnis, yang sepenuhnya dikembangkan secara mandiri.

“Kami sebelumnya berfokus pada pasar Eropa dan Amerika Serikat. Namun, kami lihat Indonesia dan negara-negara lain di kawasan ini makin mementingkan energi baru dan produk-produk terkait. Kami menyadari inilah peluang emas bagi kami,” tutur Huang, yang mengatakan bahwa mereka ingin menawarkan solusi energi yang andal, ramah lingkungan, dan terjangkau bagi pasar potensial seperti Indonesia

 

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © Redaksi Nusa 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *