Satu Dekade Crypto Valley: CEO dan Pendiri Input Output Charles Hoskinson tentang Revolusi Blockchain di Swiss



Sepanjang dekade terakhir, Crypto Valley di Zug, Swiss, telah berkembang menjadi pemimpin global dalam inovasi blockchain, dengan valuasi melampaui setengah triliun dolar pada tahun 2021. Tempat ini telah menjadi pusat bagi perusahaan-perusahaan perintis, mendorong masa depan keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan teknologi blockchain.

Dalam wawancara eksklusif untuk RedaksiNusa, Charles Hoskinson, CEO dan pendiri Input Output Global, merenungkan faktor-faktor di balik kesuksesan Crypto Valley dan peran yang telah dimainkan oleh Cardano dalam kemajuan tersebut.

Satu Dekade Pertumbuhan

Sepuluh tahun yang lalu, Crypto Valley baru saja mulai berkembang di Zug, Swiss. Hari ini, tempat ini telah menjadi pusat ramai untuk teknologi blockchain dan rumah bagi banyak perusahaan yang memberikan dampak global dalam aset kripto. Pada tahun 2021, nilai lembah ini melonjak menjadi lebih dari setengah triliun dolar (US$611,8 miliar), menunjukkan sejauh mana kemajuannya dan potensi yang masih dimilikinya.

“Kesuksesan Crypto Valley selama bertahun-tahun dapat dikaitkan dengan beberapa pendorong fundamental, termasuk sumber daya pendanaan yang cukup, kerangka regulasi Swiss, dan profesional yang sangat terampil yang berbagi keahlian mereka. Sudut pandang perpajakan kanton Zug juga merupakan faktor kunci; memiliki tarif pajak terendah sekitar 11-12%,” terang Charles Hoskinson.

Pilar penting dari percepatan Crypto Valley adalah proyek unggulan Input Output, Cardano. Menawarkan platform blockchain generasi ketiga, Cardano bergabung dalam komitmen terhadap skalabilitas, keberlanjutan, dan interoperabilitas.

Dedikasi Input Output terhadap penelitian dan pengembangan yang ketat telah memperluas reputasi dan pengaruh Cardano melampaui batas-batas Crypto Valley, menjadikannya pemain inti dalam ruang blockchain. Yayasan Cardano, yang berbasis di Zug, terus mendukung tujuan tersebut, memastikan bahwa Cardano tetap menjadi pelopor dalam keuangan terdesentralisasi.

Generasi Keempat Blockchain

Sepanjang dekade terakhir, teknologi blockchain telah tumbuh dan matang, membawa kita lebih dekat ke generasi baru blockchain. Swiss, dan khususnya Crypto Valley, telah berada di jantung kemajuan ini.

“Swiss dipastikan akan tetap di garis depan revolusi DeFi dengan menavigasi kompleksitas regulasi di industri ini. Seiring dengan percepatan dunia DeFi, dampak dari pertumbuhan Crypto Valley akan meluas melampaui pusat blockchain di Zug hingga ke inklusi ekonomi global, dan akan membantu membentuk kembali lanskap keuangan untuk masa depan,” komentar CEO Input Output.

Menurut Hoskinson, perjalanan blockchain dimulai dengan Bitcoin, generasi pertama, yang muncul dari gerakan Cypherpunk. Generasi kedua, dipimpin oleh Ethereum, memperkenalkan kontrak pintar dan membuat blockchain dapat diprogram.

Generasi ketiga berfokus pada peningkatan kecepatan dan efisiensi, memungkinkan teknologi untuk menangani lebih banyak transaksi dengan lancar dan biaya yang lebih rendah. Namun, meskipun ada peningkatan ini, masih ada tantangan yang dihadapi.

“Setiap generasi telah unik dalam evolusi aset kripto dan teknologi blockchain, dan generasi keempat yang akan datang menghadirkan tantangan baru bagi kita. Kita belum mencapai garis finish,” tambahnya.

Generasi keempat akan fokus pada dua kesenjangan utama: privasi dan identitas. Sementara versi sebelumnya dari blockchain menyediakan transparansi dan keamanan, mereka belum dapat melindungi data sensitif secara efektif. Ini sangat kritis di industri seperti keuangan, kesehatan, dan rantai pasokan, di mana kombinasi transparansi publik dan kerahasiaan pribadi diperlukan.

Saat ini, teknologi blockchain kesulitan menawarkan fitur privasi yang dibutuhkan bisnis dan pengguna untuk mengelola informasi mereka secara aman. Generasi keempat akan memperkenalkan privasi selektif, di mana pengguna dapat memilih detail mana yang akan dirahasiakan dan mana yang akan dipublikasikan. Ini juga akan meningkatkan manajemen identitas, memudahkan pengelolaan aset dunia nyata di blockchain.

“Setelah menjadi kekuatan pendorong dalam inovasi teknologi blockchain, kita sekarang menuju kemajuan revolusioner dalam privasi dan identitas. Dengan lintasan saat ini, masa depan cerah untuk mendefinisikan ulang cara kita mengamankan dan mengontrol identitas pengguna,” ucap Hoskinson.

Swiss: Model untuk Pusat Blockchain Masa Depan

Swiss telah menjadi lebih dari sekadar pusat blockchain; kini menjadi model untuk kluster kripto masa depan di seluruh dunia. Dukungan negara terhadap inovasi teknologi, khususnya dalam blockchain dan aset kripto, telah sangat penting bagi pertumbuhan industri ini.

“Kemajuan teknologi blockchain dan aset kripto tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan dan pendekatan Swiss. Pola pikir negara dalam mendorong inovasi adalah katalis yang mendorong industri ke depan, menciptakan lingkungan di mana teknologi blockchain benar-benar dapat berkembang,” papar CEO Input Output.

Kemajuan dalam blockchain sejauh ini telah sangat penting dalam membentuk masa depan industri. Kepemimpinan Swiss memberikan contoh yang jelas bagi wilayah lain yang ingin membangun kluster kripto mereka sendiri.

Dengan pendekatan regulasi yang seimbang, Swiss menunjukkan cara menciptakan kerangka kerja yang aman dan efisien untuk proyek blockchain — saat ini, Crypto Valley menjadi tuan rumah bagi hampir 1.300 perusahaan blockchain dan 13 unicorn.

“Untuk merayakan pencapaian ini dan memperingati ulang tahun ke-10 Yayasan Ethereum, saya merasa terhormat diakui atas kontribusi saya bagi ekonomi Swiss, serta ekonomi global, sebagai salah satu pendiri Ethereum,” tutur Hoskinson.

Merenungkan satu dekade pertumbuhan Crypto Valley, pencapaian sejauh ini baru saja permulaan. Tonggak yang telah dicapai dan inovasi yang telah dibuat menunjukkan masa depan yang menjanjikan bagi blockchain. Sepuluh tahun ke depan kemungkinan akan membawa kemajuan lebih lanjut dan potensi yang lebih besar bagi industri ini.

Penyangkalan

Seluruh informasi yang terkandung dalam situs kami dipublikasikan dengan niat baik dan bertujuan memberikan informasi umum semata. Tindakan apa pun yang dilakukan oleh para pembaca atas informasi dari situs kami merupakan tanggung jawab mereka pribadi.
Selain itu, sebagian artikel di situs ini merupakan hasil terjemahan AI dari versi asli RedaksiNusa yang berbahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *