Hyundai Mobis dan Zeiss kembangkan tampilan kaca depan holografik


Jakarta (Redaksi Nusa) – Inovasi terkait layar telah mencapai titik tertinggi ketika Cadillac Escalade memamerkan layar 55 inci yang sangat besar dan Lincoln Navigator di belakangnya dengan layar 48 inci.

Namun, kedua integrasi tersebut kurang memuaskan karena pada dasarnya hanya dipajang di atas dasbor, sehingga tidak banyak berkontribusi pada keselarasan desain secara keseluruhan.

Dilaporkan Carscoops pada Sabtu (19/10) waktu setempat, Hyundai Mobis telah bekerja sama dengan spesialis optik Zeiss untuk mengembangkan tampilan kaca depan holografik.

Kaca depan ini secara efektif diubah menjadi tampilan head-up berteknologi tinggi yang dapat menggantikan kluster instrumen digital, sistem infotainment, dan tampilan penumpang depan. Selain itu, karena ini hanya proyeksi maka pengemudi dapat memeriksa beberapa informasi tanpa mengalihkan pandangan dari jalan.

Baca juga: Hyundai Mobis pasok suku cadang kendaraan listrik ke Volkswagen

Meski terdengar seperti khayalan yang tidak masuk akal, perusahaan tersebut mengatakan teknologi impian ini, yang sebelumnya hanya ada dalam film atau iklan, akan segera menjadi kenyataan.

Secara khusus, jika semuanya berjalan lancar maka produksi massal dapat dimulai paling cepat pada tahun 2027.

Meski detailnya masih agak kabur, Hyundai Mobis mengatakan layarnya mengandalkan proyektor berteknologi tinggi serta film transparan yang diaplikasikan pada kaca depan.

Film itu sendiri hanya setebal sehelai rambut manusia, berukuran hanya 100 mikrometer.

Pengembangan produk awal sudah berlangsung dan teknologinya baru-baru ini didemonstrasikan untuk pelanggan produsen mobil global domestik, yang mungkin berarti Hyundai dan Kia.

Terlepas dari itu, perusahaan tersebut telah terbuka tentang menarik pelanggan baru dan menunjuk ke sebuah firma riset pasar yang mengatakan bahwa pasar HUD Holografik di seluruh dunia diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar 7 juta unit pada tahun 2030, sekaligus memantapkan dirinya sebagai tren baru di bidang tampilan generasi berikutnya.

Meskipun masih harus dilihat apakah tampilan holografik akan menjadi hal besar berikutnya, Hyundai Mobis mengatakan ini adalah evolusi dramatis dari tampilan head-up yang ada dan yang akan memungkinkan interior menjadi terbuka dan lapang.

Baca juga: Hyundai Mobis mulai pembangunan pabrik baterai EV di Spanyol

Baca juga: Hyundai Mobis kembangkan pengontrol “self-driving” dengan Qualcomm

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © Redaksi Nusa 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *