Jangan Sembarang Suntik Vitamin saat Cuaca Panas Ekstrem, Minum Air Putih Jadi Pilihan Terbaik



loading…

Banyak orang melakukan suntik vitamin saat cuaca panas. Namun, ahli menyarankan untuk hati-hati. Foto/ ndtvimg

JAKARTA – Indonesia mengalami perubahan cuaca panas yang cukup ekstrem, beberapa hari belakangan ini. Sementara, beberapa negara di Asia mengalami heat wave atau gelombang panas.

Cuaca panas seperti sekarang ini membuat tubuh mudah lelah dan dehidrasi, tak jarang banyak orang yang mudah jatuh sakit.

Dokter Spesialis Gizi dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK menyatakan bahwa tidak ada jenis suplemen vitamin maupun injeksi vitamin khusus yang direkomendasikan untuk melawan cuaca panas yang ekstrim.

“Kalau di cuaca panas ini gak ada rekomendasi suplemen tertentu atau pun vitamin yang dimasukan ke tubuh lewat injeksi. Sebab vitamin itu perannya hanya sebagai tambahan, jika kita tidak bisa mendapatkannya dari makanan,” kata dr. Christopher dalam Konferensi Pers Peluncuran Dermagen di Dermaster Crystal Menteng, Jumat (10/5/2024).

Namun dr. Christopher tidak menyarankan para pasien yang tiba-tiba mengunjungi dokter untuk minta suntik vitamin karena cuaca yang sangat ekstrim. Sebab hal ini bisa membahayakan kondisi kesehatan.

Hal ini karena, kondisi kesehatan dan kebutuhan tubuh seseorang berbeda-beda. Ia menyarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh.

“Jangan tiba-tiba dateng ke klinik minta dokter untuk suntik vitamin supaya tubuh lebih segar di tengah cuaca ekstrim, itu gak bisa ya,” ujarnya.

“Itu makanya gak bisa kami menggeneralisasi kebutuhan setiap orang, maka mencoba tes genetik itu supaya tahu lebih pasti kebutuhannya apa,” tutur dr. Christopher lagi.

Lebih lanjut, dr Christopher mengimbau masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga hidrasi tubuh selama cuaca yang ekstrim ini. Sesibuk apa pun, sempatkan waktu untuk minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *